Sabtu, 25 Oktober 2014

PERANAN KOPERASI DIBERBAGAI KONDISI PASAR


Peranan Koperasi dalam berbagai kondisi pasar bedasarkan sifatnya dapat diklasifikasikan menjadi  2 macam :
  1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
  2. Pasar dengan persaingan tidak sempurna (imperfect competitive market) yaitu Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

Peranan Koperasi dalam Pasar Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
            Pasar Persaingan Sempurna dapat diartikan yaitu sebagai struktur industri atau pasar dimana terdapat banyaknya jumlah penjual dan pembeli dari setiap penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. 
Berikut ini merupakan ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yaitu:
Adanya jumlah penjual dan pembeli barang yang dijual sangat banyak
Sifat barang yang diperdagangkan bersifat sejenis (homogen)
Setiap perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
Para pembeli mampu mengenal keadaan pasar
Kurva permintaan berbentuk lurus horizontal
Harga barang yang menentukan pasar
Pemerintah tidak ikut adanya campur tangan terhadap harga dan mekanisme pasar

▪ Peranan koperasi dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna (imperfect competitive market)
           Munculnya pasar persaingan tidak sempurna dikarenakan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran antara jumlah penjual dan jumlah pembeli yang terdapat di pasar. Karena muncul ketimpangan yaitu adanya pihak yang diuntungkan dalam perdagangan, namun ada juga pihak yang dirugikan oleh keadaan pasar tersebut. Contoh pasar persaingan pasar tidak sempurna yaitu:

A. Koperasi dalam Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan. Perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penggantinya secara dekat.
Ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut
Tidak ada barang substitusi atau pengganti
Laba yang diperoleh sifatnya maksimum
Monopoli iut pada dasarnya dibentuk Undang-Undang pada pemerintah
Jumlah pembeli di pasar banyak
Jumlah penjual satu
Harga yang menentukan penjual
Tidak terdapat kemungkinan di pasar industri
Contoh dari pasar monopoli: Televisi menayangkan iklan produk sampo, sabun dan pasta gigi. Produk tersebut diproduksi oleh perusahaan yang sama.

B. Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda corak atau bentuknya (differentiated product).
Ciri-ciri dalam pasar monopolistik yaitu:
Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
Produk yang dihasilkan tidak homogen atau sejenis
Ada produk pengganti atau substitusi
Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Persaingan mempunyai kebutuhan yang relatif, contoh promosi dan iklan

C. Koperasi dalam Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dalam satu wilayah (area).
Ciri-ciri dari pasar oligopoli yaitu
Produk yang dijual homogen atau heterogen
Jumlah penjual di pasar banyak
Jumlah pembeli di pasar banyak
Ada antara 3 sampai 5 produsen menguasai pasar sehingga naik turunya harga yang
   mengendalikan adalah produsen tersebut, sedangkan produsen yang lain sebagai
   pengikut. Contoh: Indosat, Pro XL, dan Telkomsel


Sumber:
Ebook: Univ.Gunadarma:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar