Peranan Koperasi dalam berbagai kondisi pasar bedasarkan sifatnya dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam :
- Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
- Pasar dengan persaingan tidak sempurna (imperfect competitive market) yaitu Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
▪ Peranan Koperasi dalam Pasar Persaingan Sempurna (perfect
competitive market)
Pasar
Persaingan Sempurna dapat diartikan yaitu sebagai struktur industri atau pasar
dimana terdapat banyaknya jumlah penjual dan pembeli dari setiap penjual maupun
pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Berikut
ini merupakan ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yaitu:
● Adanya jumlah penjual dan pembeli barang yang dijual sangat banyak
● Sifat barang yang diperdagangkan bersifat sejenis (homogen)
● Setiap perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
● Para pembeli mampu mengenal keadaan pasar
● Kurva permintaan berbentuk lurus horizontal
● Harga barang yang menentukan pasar
●Pemerintah tidak ikut adanya campur tangan terhadap harga dan
mekanisme pasar
▪ Peranan koperasi dalam Pasar
Persaingan Tidak Sempurna (imperfect
competitive market)
Munculnya
pasar persaingan tidak sempurna dikarenakan ketidakseimbangan antara permintaan
dan penawaran antara jumlah penjual dan jumlah pembeli yang terdapat di pasar. Karena
muncul ketimpangan yaitu adanya pihak yang diuntungkan dalam perdagangan, namun
ada juga pihak yang dirugikan oleh keadaan pasar tersebut. Contoh pasar
persaingan pasar tidak sempurna yaitu:
A. Koperasi dalam Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan. Perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penggantinya secara dekat.
Ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut
Ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut
● Tidak ada barang substitusi atau pengganti
● Laba yang diperoleh sifatnya maksimum
● Monopoli iut pada dasarnya dibentuk Undang-Undang pada pemerintah
● Jumlah pembeli di pasar banyak
● Jumlah penjual satu
● Harga yang menentukan penjual
● Tidak terdapat kemungkinan di pasar industri
Contoh dari
pasar monopoli: Televisi menayangkan iklan produk sampo, sabun dan pasta gigi. Produk
tersebut diproduksi oleh perusahaan yang sama.
B. Koperasi dalam
Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda corak atau bentuknya (differentiated product).
Pasar Monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda corak atau bentuknya (differentiated product).
Ciri-ciri dalam pasar monopolistik yaitu:
● Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang
beragam
● Produk yang dihasilkan tidak homogen atau sejenis
● Ada produk pengganti
atau substitusi
● Keluar atau masuk ke industri relatif
mudah
● Harga produk tidak sama disemua pasar,
tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
● Persaingan mempunyai kebutuhan yang relatif, contoh promosi dan
iklan
C. Koperasi dalam
Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dalam satu wilayah (area).
Ciri-ciri
dari pasar oligopoli yaitu
● Produk yang dijual homogen atau heterogen
● Jumlah penjual di pasar banyak
● Jumlah pembeli di pasar banyak
● Ada antara 3 sampai 5 produsen menguasai pasar sehingga naik
turunya harga yang
mengendalikan adalah produsen tersebut, sedangkan produsen yang lain
sebagai
pengikut. Contoh: Indosat, Pro XL, dan Telkomsel
Sumber:
Ebook: Univ.Gunadarma:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar