Senin, 09 November 2015

Tugas Tranaslate Bab 3 Pengambilan Keputusan Konsumen



Perilaku Konsumen, Edisi Kedelapan
SCHIFFMAN & KANUK
Bab 16
Pengambilan Keputusan Konsumen

Tingkat Pengambilan Keputusan Konsumen
Pemecahan Masalah Secara Luas
Pemecahan Masalah Secara Terbatas
Perilaku Respon Rutin

Model Konsumen: Empat Pandangan Pengambilan Keputusan Konsumen
Pandangan Ekonomi
Pandangan Pasif
Pandangan Kognitif
      Pandangan Emosional
















Tiga Tahapan Pengambilan Keputusan Konsumen
Butuh Pengakuan
Mencari Pra Pembelian
Evaluasi Alternatif

Faktor-faktor yang Memungkinan untuk Meningkatkan Mencari Pra Pembelian
Faktor Produk :
Waktu interpurchase lama (produk tahan lama atau jarang digunakan)
Perubahan sering di styling produk
Volume pembelian (Jumlah Unit yang banyak)
Harga Tinggi
Banyak merek alternatif
      Banyak variasi dalam fitur



Pengalaman
Pembelian pertama kali
Tidak ada pengalaman masa lalu karena produk baru
Pengalaman masa lalu tidak memuaskan dalam kategori produk Sosial Akseptabilitas
Pembelian tersebut adalah untuk hadiah
Produk ini terlihat nilai social

Pembelian diskresioner daripada yang diperlukan
Semua alternatif memiliki keduanya konsekuensi diinginkan dan tidak diinginkan
Anggota keluarga tidak setuju pada persyaratan produk atau evaluasi alternatif
Penggunaan produk menyimpang dari kelompok referensi penting
Pembelian tersebut melibatkan pertimbangan ekologi
Banyak sumber informasi yang saling bertentangan

Faktor Produk
Karakteristik demografi Konsumen
Berpendidikan Baik
Berpenghasilan Tinggi
Berpendudukan Kerah Putih
Dibawah 35 tahun
Kepribadian
Rendah dogmatis
Perseptor berisiko rendah (categorizer luas)
Faktor pribadi lainnya, seperti keterlibatan produk yang tinggi dan kenikmatan belanja dan pencarian








Isu dalam Evaluasi Alternatif
·         Daftar Belanja
·         Kriteria untuk Mengevaluasi Merek Digunakan
·         Aturan Keputusan Konsumen
·         Gaya hidup sebagai Strategi Keputusan Konsumen
·         Informasi lengkap dan Alternatif
·         Seri Keputusan
·         Aturan keputusan dan Strategi Pemasaran
konsumsi Visi






Inept Set
Merek yang konsumen dikeluarkan dari pertimbangan pembelian.

Inert Set
Merek yang konsumen acuh tak acuh terhadap mereka karena dianggap sebagai tidak memiliki keuntungan tertentu.



Gambar 16.4





Gambar 16.4 Kriteria Iklan Menyarankan untuk Pengambilan Keputusan

Aturan Keputusan Konsumen
·         Kompensasi
·         Non kompensasi
Ø  Aturan Keputusan penghubung
Ø  Aturan keputusan yang memisahkan
Ø  Aturan leksikografi

Aturan Keputusan kompensasi
Suatu jenis aturan keputusan di mana konsumen mengevaluasi setiap merek dalam hal setiap atribut yang relevan dan kemudian memilih merek dengan skor tertimbang tertinggi.

Aturan keputusan bukan kompensasi
Suatu jenis aturan pengambilan keputusan konsumen dimana evaluasi positif dari atribut merek tidak mengimbangi evaluasi negatif dari merek yang sama pada beberapa atribut lainnya.

Aturan Keputusan penghubung
Sebuah keputusan aturan non kompensasi  dimana konsumen menetapkan titik potong minimal dapat diterima untuk setiap atribut dievaluasi. Merek yang jatuh di bawah titik potong pada salah satu atribut dieliminasi dari pertimbangan lebih lanjut.

Aturan Keputusan Yang Memisahkan
Sebuah keputusan aturan non kompensasi dimana konsumen menetapkan titik potong minimal dapat diterima untuk setiap atribut produk yang relevan.

Aturan leksikografi
Sebuah aturan non kompensasi pengambilan keputusan - atribut konsumen produk peringkat pertama dalam hal penting, kemudian membandingkan merek dalam hal atribut yang dianggap paling penting.

Mempengaruhi Rujukan Aturan Keputusan
Sebuah aturan keputusan disederhanakan dengan yang konsumen membuat pilihan produk berdasarkan peringkat mereka ditetapkan sebelumnya secara keseluruhan merek dipertimbangkan, bukan pada atribut tertentu.

Gunakan hipotetis Aturan Keputusan Populer dalam Membuat Keputusan Pembelian Laptop Ultralight



Aturan Keputusan
PERNYATAAN MENTAL
aturan kompensasi

"Saya memilih komputer yang keluaran terbaik ketika saya nilai peringkat yang bagus melawan peringkat buruk."
aturan penghubung
"Saya memilih komputer yang tidak memiliki fitur yang buruk."
aturan yang memisahkan
"Saya memilih komputer yang unggul setidaknya dalam satu atribut."
aturan leksikografis
"Saya melihat fitur yang paling penting bagi saya dan memilih komputer yang peringkat tertinggi pada atribut itu."
Aturan mempengaruhi rujukan

"Saya membeli fitur merek dengan nilai keseluruhan tertinggi."


Mengatasi Informasi Hilang
·         Penundaan keputusan sampai informasi yang hilang diperoleh
·         Abaikan informasi yang hilang dan menggunakan informasi yang tersedia
·         Mengubah keputusan strategi untuk satu yang mengakomodasi lebih baik untuk informasi yang hilang
Menyimpulkan informasi yang kurang

Jenis Pembelian
- Pembelian Percobaan
- Pembelian Ulang
- Pembelian Komitmen Jangka Panjang



Hasil Evaluasi Harga Pembelian
1.      Kinerja aktual Cocok Harapan
Merasa netral

2.      Kinerja yang sebenarnya melampaui harapan
Konfirmasi tidak positif dari Harapan

Kinerja di bawah ekspektasi
konfirmasi negatif dari Harapan




PERILAKU PEMBERIAN HADIAH
Pemberian Hadiah adalah tindakan komunikasi simbolik, dengan makna eksplisit dan implisit mulai dari ucapan selamat dan cinta, menyesal, kewajiban, dan dominasi.







Pembagian Hadiah
- Hadiah Dalam Kelompok
- Hadiah Luar Kelompok
- Hadiah Dalam Kategori
- Hadiah Dalam Individu
- Hadiah Luar Individu








Hubungan Pemasaran
Pemasaran bertujuan untuk menciptakan hubungan yang kuat, langgeng dengan kelompok inti dari pelanggan dengan membuat mereka merasa baik tentang perusahaan dan dengan memberikan mereka semacam hubungan pribadi dengan bisnis.








Apakah Konsumen Kurang Loyal - Mengapa?
         Kelimpahan Pilihan
         Ketersediaan Informasi
         Hak
         Komoditisasi
         Ketidakamanan
         Kelangkaan Waktu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar