Senin, 05 Oktober 2015

Perilaku Konsumen



Dengan adanya perubahan dimana era konsumen dapat memegang kendali, konsumen yang memiliki hasrat penuh produk apa yang seharusnya diproduksi oleh suatu perusahaan. Perusahaan harus berfokus pada permasalahan konsumen yang diminta terhadap produk yang diinginkan.

Konsumen merupakan bagian unsur terpenting dari setiap perusahaan. Jadi konsumen adalah pelaku ekonomi yang menggunakan barang dan jasa dan juga konsumen dapat mengasumsikan pengetahuan atau mendapatkan suatu informasi yang berkaitan dengan keputusan kebutuhannya. Konsumen lebih tau terhadap kualitas barang maupun kapasitas produksi serta harga barang yang diperjualbelikan pada suatu perusahaan/pasar. Tujuan konsumen itu sendiri dapat mecukupkan kebutuhan yang diperoleh dari persediaan barang perusahaan dengan adanya batasan-batasan terhadap harga dan pendapatan yang dimiliki oleh konsumen.

Pada dasarnya perilaku konsumen itu merupakan aktivitas perilaku atau tindakan seseorang dengan pencarian, pemilihan, pemakai serta pemilihan produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen untuk membuat keputusan pembelian, namun tidak ada kesamaan terhadap definisi konsumen dan perilaku konsumen maka dapat disebabkan adanya perbedaan sudut pandang dalam pemasaran.

Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk pemasaran, terdapat beberapa step by step harus dilakukan oleh setiap konsumen, diantaranya proses pengenalan terhadap produk yang diperoleh, adanya sumber informasi yang terpercaya, evaluasi dalam keputusan untuk pembelian. Dalam Memahami konsumen dan proses konsumsinya maka dapat memberikan berbagai keuntungan tersendiri antara lain: dapat membantu manajer dalam membuat suatu keputusan, memberikan dasar teoritis dalam menganalisa konsumen, dan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Lebih dari itu studi tentang konsumen dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang faktor ekonomi, psikologi dan sosiologi yang dapat mempengaruhi perilaku manusia. Dari setiap menetapkan perencanaan dan strategi pemasaran dapat disusun berdasarkan pemahaman akan konsumen yang menjadi salah satu target pasar bagi perusahaan. Hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap konsumen dalam pemasaran berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan orang lain dan pemasaran melibatkan seseorang saling menyerahkan sumber daya. Agar bisa menjadi pemasar yang lebih berhasil konsumen harus dapat memahami faktor apa yang mempengaruhi keinginan dan kebutuhan konsumen tersebut. Oleh karena itu, konsumen lah asset utama bagi perusahan, maka pemasar atau perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen agar mereka merasa puas terhadap produk yang diasumsikan berkualitas dan terpercaya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar