Dengan adanya perubahan
dimana era konsumen dapat memegang kendali, konsumen yang memiliki hasrat penuh
produk apa yang seharusnya diproduksi oleh suatu perusahaan. Perusahaan harus
berfokus pada permasalahan konsumen yang diminta terhadap produk yang
diinginkan.
Konsumen merupakan bagian
unsur terpenting dari setiap perusahaan. Jadi konsumen adalah pelaku ekonomi
yang menggunakan barang dan jasa dan juga konsumen dapat mengasumsikan
pengetahuan atau mendapatkan suatu informasi yang berkaitan dengan keputusan kebutuhannya.
Konsumen lebih tau terhadap kualitas barang maupun kapasitas produksi serta
harga barang yang diperjualbelikan pada suatu perusahaan/pasar. Tujuan konsumen
itu sendiri dapat mecukupkan kebutuhan yang diperoleh dari persediaan barang
perusahaan dengan adanya batasan-batasan terhadap harga dan pendapatan yang
dimiliki oleh konsumen.
Pada dasarnya perilaku
konsumen itu merupakan aktivitas perilaku atau tindakan seseorang dengan
pencarian, pemilihan, pemakai serta pemilihan produk dan jasa guna memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen untuk membuat keputusan pembelian, namun tidak
ada kesamaan terhadap definisi konsumen dan perilaku konsumen maka dapat
disebabkan adanya perbedaan sudut pandang dalam pemasaran.
Ketika memutuskan untuk membeli suatu
produk pemasaran, terdapat beberapa step by step harus dilakukan oleh setiap konsumen,
diantaranya proses pengenalan terhadap produk yang diperoleh, adanya sumber
informasi yang terpercaya, evaluasi dalam keputusan untuk pembelian. Dalam Memahami konsumen dan proses
konsumsinya maka dapat memberikan berbagai keuntungan tersendiri antara lain: dapat
membantu manajer dalam membuat suatu keputusan, memberikan dasar teoritis dalam
menganalisa konsumen, dan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih
baik.
Lebih dari itu studi
tentang konsumen dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang faktor
ekonomi, psikologi dan sosiologi yang dapat mempengaruhi perilaku manusia. Dari
setiap menetapkan perencanaan dan strategi pemasaran dapat disusun berdasarkan
pemahaman akan konsumen yang menjadi salah satu target pasar bagi perusahaan. Hal
terpenting yang harus dimiliki oleh setiap konsumen dalam pemasaran berusaha
memuaskan kebutuhan dan keinginan orang lain dan pemasaran melibatkan seseorang
saling menyerahkan sumber daya. Agar bisa menjadi pemasar yang lebih berhasil
konsumen harus dapat memahami faktor apa yang mempengaruhi keinginan dan
kebutuhan konsumen tersebut. Oleh karena itu, konsumen lah asset utama bagi
perusahan, maka pemasar atau perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan yang
diinginkan oleh konsumen agar mereka merasa puas terhadap produk yang
diasumsikan berkualitas dan terpercaya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar